Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 di Laptop PC

dalam pembahasan Kali ini saya akan membahas tentang Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 di Laptop PC. Memiliki PC atau Laptop yang Kinerjanya Cepat Tentunya adalah Keinginan Para Pengguna Komputer terutama dengan Operation Sistem atau OS Windows 7, kenapa Windows 7 karena OS yang satu ini Selain terbilang ringan juga adalah salah Satu OS terbaik saat ini, bagaimana tidak sejak kelahirannya pada tahun 2009 sampai dengan sekarang. Pengguna Windows 7 terus bertambah walaupun sudah ada versi terbarunya yakni, Windows 8, Windows 8.1, Wndows 10. dan ada kabar pula akan Relesase Windows 11.

Mempercepat Kinerja Windows 7



Para Pengguna Komputer terutama di Os Windows 7 terkadang jengkel dengan kinerja Komputer yang Lemot, hal ini disebsbkan bukan hanya dari Spek Komputer agan yang kurang atau BerSpek rendah, melainkan adanya kesalahan di Pengaturan atau kesalahan di aplikasinya, untuk lebih jelasnya Simak cara Berikut ini , hal yang pertama kali dilakukan adalah:
  1. Tambah RAM 
    pada Dasarnya Windows 7 memang lebih ringan dari Windows 8, namun jika Anda mengupgrade dari Windows XP, pasti akan merasakan kinerja yang sedikit lambat. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menambah RAM di komputer Anda. Ukuran RAM ideal untuk Windows 7 32-bit adalah 2GB sedangkan untuk versi 64-bit adalah 4GB. Nah, jika kapasitas RAM komputer Anda masih di bawah itu, maka sangat disarankan untuk menambahnya gara kinerja Windows 7 semakin ringkas. Silahkan baca tutorial ini untuk mengetahui cara menambah RAM di PC dan laptop. 

  2. Uninstall Bloatware 
    Selanjutnya adalah Bloatware merupakan istilah yang merujuk kepada software yang sudah terinstal ketika Anda membeli PC atau laptop. Berbagai software tersebut biasanya banyak yang tidak dibutuhkan sehingga hanya menghabiskan ruang dan daya komputer saja. Beberapa software tersebut juga ada yang berjalan otomatis ketika komputer dinyalakan sehingga akan memperlambat proses booting. Maka dari itu, software tersebut harus segera disingkirkan agar Windows 7 Anda bisa bekerja lebih cepat lagi. Caranya Anda hanya tinggal membuka Start Menu > Control Panel > Uninstall or change program, lalu uninstall software yang tidak digunakan tersebut.dengan begitu beban Booting Komputer akan Berkurang dan mempercepat Kinerjanya.

  3. Ubah Power Settings 
    di dalam Windows 7 biasanya memberikan beberapa pilihan Power Settings yang akan mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan. Jika Anda menggunakan PC atau laptop yang terhubung dengan listrik, maka pilihlah opsi High Performance untuk mendapatkan performa yang maksimal. Opsi High Performance akan meningkatkan kinerja komputer Anda hingga maksimal. Akan tetapi jika Anda sedang menggunakan laptop yang tidak terhubung ke listrik, maka jangan pilih opsi ini karena akan mempercepat habisnya daya baterai. 

  4. Batasi Startup Process
    Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membatasi proses yang berjalan ketika Windows 7 dinyalakan. Caranya, ketik MSCONFIG di kolom pencarian lalu enter. Selanjutnya bukalah tab Startup di mana Anda akan melihat daftar proses dan aplikasi beserta pengaturannya. Nah, dari daftar tersebut carilah proses yang sekiranya tidak diperlukan untuk berjalan ketika start up seperti contohnya GoogleUpdate dan QuickTime. Selanjutnya hilangkan ceklis pada proses tersebut untuk mematikannya.

  5. Bersihkan Hard Disk
    langkah selanjutnya adalah Selain melakukan defrag, kita juga harus rajin membersihkan hard disk secara berkala. Caranya, buka Start menu > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. Fitur Disk Cleanup ini akan membersihkan berbagai data sampah dari hard disk Anda seperti temporary file, offline web page, cache, recycle bin, dan lainnya.  cara ini sangat berpengatuh terhadap kecepatan kinerja Komputer.

  6. Matikan Desktop Gadgets 
    Disamping Gadget Deskop ialah sebagai pelengkap Sebuah Tampilan Desktop atau PC tapi jarang orang mengetahui kalau menambah Gadget di Desktop akan berdampak terhadap kecepatan Komputer Sekarang saatnya beralih ke pengaturan yang berkaitan dengan tampilan visual. Seperti kita ketahui, Windows 7 tidak lagi menampilkan sidebar seperti layaknya Windows Vista. Namun ternyata masih ada beberapa proses sidebar tersebut yang masih berjalan. Nah, maka dari itu kita harus mematikannya agar tidak membuat komputer menjadi lambat. Caranya, ketik “gadget” di kolom pencarian Start Menu, lalu pilih “View list of running gadgets”. Setelah itu, hapuslah berbagai macam gadget yang tidak Anda perlukan tersebut. 

  7. Matikan Efek 
    Efek Aero jarang banyak pengguna Windows 7 yang mengetahuinya, Efek  Aero merupakan salah satu efek yang mempercantik tampilan Windows 7. Namun fitur ini seakan menjadi pedang bermata dua karena di satu sisi akan mempercantik tampilan dan di sisi yang lain akan membuat performa komputer menjadi lambat. Jika Anda lebih mementingkan performa, maka silahkan matikan saja fitur ini. Caranya, klik Start lalu klik kanan pada Computer, pilih properties > Advance system setting > tab advanced, lalu pada bagian performance klik setting. Di sana Anda dapat memilih beberapa fitur yang ingin dimatikan atau diaktifkan. Jika ingin mendapatkan performa terbaik, maka pilihlah opsi “Adjust for best performance”. Opsi tersebut akan merubah total tampilan komputer Anda seperti layaknya Windows 2000.

dan itulah Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 di Laptop PC, Silahkan di coba dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 di Laptop PC"

  1. boleh di coba ni gan..buat komputer ane yang lelet

    ReplyDelete